Pemuda

PEMIMPIN MUDA Masa Depan

Sebuah Negeri bernama Indonesia. negeri yang memiliki kekayaan alam begitu besar dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta orang. Negeri yang merdeka melalui keringat dan cucuran darah para pejuang, tak sedikit jumlah mereka yang merelakan dirinya, berkorban untuk sebuah kata “MERDEKA!” Namun tidak kita pungkiri beberapa tahun belakangan ini, Indonesia mengalami krisis multidimensi. Pramoedya Ananta Toer pernah mengatakan,” Negeri Indonesia adalah negeri yang kaya, namun saat ini menjadi bangsa pengemis dinegerinya sendiri, karena tidak adanya karakter pada pemimpin.” Bukan karena kurangnya sumberdaya melainkan tidak adanya SDM yang mampu mengelola.  Pertumbuhan masalah seringkali jauh lebih pesat dibandingkan dengan kecepatan penyelesaian masalah. Ketidakmampuan dalam menyelesaikan masalah, menyebabkan krisis multi dimensi; politik, ekonomi, sumber daya, sosial, budaya, moral, kepercayaan, kejujuran, kepemimpinan dan sumberdaya manusia.

Kemajuan sebuah bangsa tergantung dari generasi didalamnya terutama PEMUDA. Generasi yang baik dapat dilihat dari apa yang dipelajarinya, you are what you learn, karena apa yang dipelajari akan mempengaruhi apa yang dipikirkan, apa yang dipikirkan akan mempengaruhi yang akan diucapkan. Apa yang diucapkan akan mempengaruhi tindakan. Dan tindakan yang terus menerus menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang permanen menjadi karakter. Sehingga dapat dinyatakan sebuah bangsa dapat berkembang atau terpuruk dikarenakan karakter generasinya.

SDM yang memiliki karakter kuat (strong positive character) akan mampu menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi. Kita membutuhkan SDM yang memiliki karakter yang mencerminkan akhlak mulia. Menurut Adhyaksa Dault (2003), bahwa yang dibutuhkan bangsa ini sekarang adalah blue print (cetak biru) ke depan, mau kemana ? Blue Print bangsa ini tidak bisa lepas dari akhlak individu yang bermukim didalamnya.

Cobalah hayati nilai yang terkandung dalam lagu “Bangun Pemudi Pemuda”, yaitu: jujur, ikhlas, kerja keras, hati teguh dan lurus, pikir tetap jernih dan bertingkah laku halus. Jika kebanyakan pemuda Indonesia memiliki karakter tersebut, maka terbentuklah budaya bangsa yang mulia, itulah tanda kebaikan dan kemajuan.

Pembentukan karakter dapat dilakukan mulai proses penyadaran, pembinaan dan pelatihan. Dengan perbahan pengetahuan, diharapkan tumbuhnya kesadaran dan tindakan nyata. Dengan tindakan yang menjadi kebiasaan, maka akan membentuk karakter, sebagai modal pembangunan bangsa.

*Soempah Pemoeda 281028-281011

About Febriansyah

FEBRIANSYAH, CH, CHt, CNLP, NNLP Pract. adalah seorang Master, Profesional Trainer, Motivator, Provocator, Inspirator, Fasilitator, Creator, Instructor, Coach yang sangat berpengalaman dalam dunia Human Resources Development

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER

Oktober 2011
S S R K J S M
« Mei   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

MY TWITTER

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email. Syukron

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: