ARTIKEL, Mind Power

berPIKIR BISA!!!

Berpikir bisa berarti yakin dan berusaha untuk menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja.

Sekarang mari kita lihat apa yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan dan menguatkan kemampuan kita dalam berpikir bisa.

 

Langkahnya adalah :

Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan.

Inilah prinsipnya : Untuk melakukan apapun, kita harus lebih dahulu percaya bahwa hal itu dapat dilakukan. Percaya bahwa sesuatu itu dapat dilakukan membuat pikiran bergerak untuk mencari cara untuk melaksanakannya.

Jika Anda percaya , pikiran Anda mencari jalan  untuk melaksanakannya.

Eksperimen ini mempunyai satu maksud : Jika Anda percaya sesuatu itu tidak mungkin, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda untuk membuktikan mengapa hal itu tidak mungkin. Akan tetapi jika Anda percaya, benar-benar percaya, sesuatu dapat dilakukan, pikiran Anda akan bekerja bagi Anda dan membantu Anda mencari jalan untuk melaksanakannya.

Percaya sesuatu dapat dilakukan melicinkan jalan untuk solusi yang kreatif. Percaya sesuatu tidak dapat dilakukan adalah cara berpikir yang destruktif. Hal ini berlaku pada semua situasi, besar dan kecil. Kepercayaan menghasilkan kekuatan bisa. Ketidak percayaan menjadi rem bagi berpikir bisa. Percayalah dan andapun akan mulai berpikir secara konstruktif. Pikiran Anda akan menciptakan jalan jika Anda mengizinkannya..

 

Dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Percayalah sesuatu itu dapat dilakukan.

Inilah dasar bagi berpikir bisa. Di bawah ini adalah dua saran untuk membantu Anda mengembangkan kekuatan pikiran melalui kepercayaan :

  1. Hapuskan kata tidak mungkin baik dari pikiran Anda maupun dari kosakata Anda. Tidak mungkin adalah kata kegagalan. Pikiran “Ini tidak mungkin dilakukan “ memulai reaksi berantai dari jejeran pikiran yang mendukung bahwa memang itu tidak mungkin dan membenarkan pikiran Anda.
  2. Pikirkan sesuatu yang istimewa yang selama ini ingin Anda lakukan, tetapi Anda rasa Anda tidak dapat melakukannya. Sekarang berpikirlah bahwa : Anda bisa melakukannya ! , dan buatlah sebuah daftar alasan mengapa Anda dapat melakukannya. Banyak dari kita mengalahkan dan menaklukkan keinginan kita hanya karena kita berkonsentrasi pada mencari alasan kenapa kita tak dapat melakukannya, sementara satu-satunya hal yang layak untuk kita berkonsentrasi adalah mencari alasan bagaimana kita dapat melakukannya !

 

BERPIKIRLAH KE DEPAN LEBIH BAIK

Pikiran pemikir tradisional menjadi lumpuh. Ia bernalar, “Keadaannya sudah begini selama ratusan tahun, jadi keadaan ini pasti baik dan harus tetap begini. Mengapa mengambil resiko dengan mengubahnya ?”

“Rata-rata” orang selalu menolak kemajuan. Banyak orang menentang mobil yang pertama atas dasar pikiran Tuhan menciptakan kita untuk berjalan di atas kaki kita atau dengan menggunakan kuda. Apalagi saat pesawat terbang pertama mengudara, banyak aturan kekangan baru yang dibuat-buat misalnya bahwa manusia tidak berhak memasuki bidang wewenang yang dikhususkan untuk burung.

Jika setiap orang berpikiran bahwa hanya ada satu cara terbaik untuk melakukan suatu pekerjaan dan setelah itu jangan pernah menyimpang dari cara tersebut, maka dapat dibayangkan kejumudan yang segera akan merajalela dan amat membosankan.

Sebenarnya, tidak ada satu cara terbaik untuk mengerjakan apapun. Tidak ada satu cara terbaik untuk menarik minat murid akan pelajaran, atau untuk tetap menjaga motivasi karyawan, atau untuk mendidik anak atau bahkan menata taman dan dekorasi ruangan.

          Ada banyak cara terbaik sebanyak adanya pikiran yang bisa !

Berikut ini adalah tiga cara untuk memeranginya :

  1. Jadilah orang yang bersedia menerima gagasan. Sambut baik gagasan. Hancurkan pikiran penghalang seperti “Ini tidak akan berhasil”, “ Tidak dapat dikerjakan “, “Ini tidak ada gunanya”.
  2. Jadilah orang yang suka bereksperimen. Dobraklah rutinitas yang tetap. Pergilah melalui rute yang berbeda ke tempat kerja Anda, kunjungi toko-toko buku baru, bacalah buku-buku baru, dapatkan teman-teman baru, ambillah kursus keterampilan baru yang belum Anda kuasai.
  3. Jadilah progresif ( berpikir ke depan ) bukan regresif ( berpikir ke belakang ). Bukan “ Itulah cara kami biasa melakukannya, maka kami harus mengerjakannya dengan cara itu”,  melainkan ´Bagaimana kami dapat mengerjakannya lebih baik daripada cara kerja yang biasa saya lakukan?”

 

Bayangkan apa yang akan terjadi misalnya pada Ford Motor Company jika manajemennya membiarkan diri berpikir, “ Tahun ini kita sudah mengembangkan mobil paling sempurna. Perbaikan lebih lanjut tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, semua kegiatan rekayasa & desain eksperimental dengan ini diakhiri secara permanen .“

Tidak peduli betatapun besarnya, perusahaan tersebut akan susut dengan cepat jika bersikap demikian !

Orang yang sukses seperti halnya perusahaan yang sukses selalu bertanya :

“ Bagaimana saya dapat meningkatkan kualitas prestasi saya ? Bagaimana saya dapat bekerja lebih baik ?”

Kesempurnaan absolut didalam semua pengembangan riset manusia belum akan tercapai. Ini berarti tersedia begitu banyak peluang yang tak ada habisnya untuk perbaikan. Orang sukses mengetahui hal ini dan mereka selalu mencari cara yang lebih baik. Mereka tidak bertanya “ Dapatkah saya mengerjakannya dengan lebih baik?”  Ia tahu bahwa ia dapat, jadi ia menyusun pertanyaannya, “ Bagaimana saya dapat mengerjakannya dengan lebih baik ?”.

General Electric menggunakan slogan : Kemajuan adalah produk kami yang paling penting. Garuda Indonesian Airways menggunakan slogan : Kini lebih baik. Mengapa Anda tidak menjadikan kemajuan sebagai produk Anda yang paling penting ?

About Febriansyah

FEBRIANSYAH, CH, CHt, CNLP, NNLP Pract. adalah seorang Master, Profesional Trainer, Motivator, Provocator, Inspirator, Fasilitator, Creator, Instructor, Coach yang sangat berpengalaman dalam dunia Human Resources Development

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

KALENDER

November 2011
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

MY TWITTER

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email. Syukron

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: